Minggu, 09 Agustus 2015

This is the REAL KKN

Haaaaa.... gak nyangka sekarang gue sedang kkn di subang.
Kalian tau? Inilah liburan gue ditahun 2015. Exited!
Gue ditempatkan ditempat jauh. Tanpa gunung. Tanpa laut. Iya sih, gue pengen yang jauh. Dan Allah mengabulkan itu. Tapi mininum ada laut atau gunung. Ini hanya sawah sejauh mata memandang.
Tapi gue sama sekali gamenyesali kok. Entah kenapa gue selalu menyukai hal hal semacam ini. Bahkan, gue perna punya niat ikut SM3T loh. Gue juga perna punya cita-cita keliling Indonesia untuk meratakan pendidikan. Hehe ya sembari travelling.
Skip yaa~
Day 1. 300715
Semua tidak seperti yang dikatakan pak lurah. Bahwa kelompok kami mendapatkan ruma kosong tetapi ada fasilitasnya. Beliau bilang bahwa 3kelompok semua sama rata. Alhasil?
Zonk! Hanya kelompok jatibaru 3 saja yang mendapatkan tempat kosong 2 tahun. Dengan kondisi atap yang sudah tak layak. Bahkan tak ada bohlam. Kami meminta pergi. Tentu saja tak sesuai dengan biaya 2juta yg dikeluarkan tiap kelompok.
Alhamdulillah, menjelang matahari terbenam kami mendapatkan ruma sederhana. Ada laundry kiloan, ada seblak, ada nasi kuning di tiap malem nya. Ya karena yang punya ruma memiliki warung itu.
Magrib berlalu, mandi, beberes kami sudah kelar semua. Tinggal gue lah yang mandi. Maklum, gue emang biasa mandi malam, mandinya lama, dan lagi haid juga. Kami tinggal satu kelompok tanpa pisah. 8wanita 2pria. Berada dalam satu ruma. Hanya 1 wanita tak berjilbab disini.
Tapi pada saat diruma, semua melepas jilbabnya. Bahkan dihadapan para lelaki itu.
Bahkan kalian tau? Karna ramenya wanita alhasil 2pria itu yang tidur dikamar yang ada kamar mandinya. Yang wanita dimana? Yang wanita memilih gabung semua di ruang tv. Tapi sebagian ada yang dikamar.

Bayangin, kami semua berjilbab saat diluar. Diruma kami berpakaian apa adanya. Tanpa jilbab. Dan gue pun gak pake jilbab. Rambut gue terpanjang lhoo haha..
Kami para wanita Tidur2an di ruang tv. Bahkan tadi malam ada pertandingan bola real madrid dengan ac milan. Para
Wanita sudah pada tidur sebagian. Ngatang-ngatang dan ada cowo juga disampingnya sedang nonton bola.
Gue risih sih. Gue selimutin mereka yang posisinya saru.
Gue duduk di depan warung, ngeliatin si ibu ngejualin, ngobrol berduaan bareng Arief sembari minum energen bareng. Kebetulan pas gue bikin tu energen, doi minta juga. Dia Temen sekelompok gue. Nyari sinyal juga pastinya.
Dan diselingan topik yang lain, akhirnya gue membuka topik yang bikin gue risih.

N: rif, sebenernya gue risih. Smuanya lepas jilbab. *sambil malumalu karna gue pun gapake jilbab*

A: *mikir*
N: sorry ya
A: iya nu, gue juga kaget. Beda nu. Kayak liat orang lain. Mmmm tadi juga sbenernya muklis ngomong loh nu!
N: ha? Ngomong apa? Tentang kita yg gapake jilbab? *gue kaget, tapi suara gue tetep pelan karna suasana malam memang sudah seperti jam 11malem.
A: iya.. katanya ganyangka aja smuanya lepas jilbab gitu. Seorang muklis ngomong gitu loh nu. Gamer. Risih juga ternyata
N: .....
A: makanya kan enakan cowo diruang tamu aja. Gaenak nu kalian kekamar mandi cowo lagi tidur main hape laptop dikamar
N: hehe...

Gue diem. Mikir. Dan gue ganti topik lain.
Gue pun masuk rumah. Bareng2 nonton tv. Mereka yang suda tidur ternyata bangun lagi.
Posisinya, gue sudah memakai jilbab. Mereka bertanya, cewe dan cowo. Ya gue jawab aja. " gue kan mau tidur nih. Leher baju gue lebar dan lancip ke belahan dada. Ntar kalo kemanamana pas tidur kan gaenak -_- "
....
Day 2. 310715
Sekolahnya teramat miris. SD Otista namanya. Pengen bantu fasilitas tapi gacukup dana. Belum lagi gue mesti ngurusin pengeluaran dana kelompok buat keperluan rumah tangga. Dikit dikit beli bumbu. Dikit dikit beli galon.
Intinya, dihari ini kelompok jatibaru 3 baru survey sekolah yang akan menjadi sasarah proker kkn kami.

Day 3 010815
Ini piket pertama gue. Setiap harinya kelompok kami memiliki jadwal piket yang betugas menjaga ruma termasuk memasak selama sehari full.
Alhasil, disaat yang lainnya pergi ke rumah warga. Gue hanya nyapu ngepel dan menjaga rumah.
Tapi pada saat paginya
Gue dan kamel kembali kesekolah sembari bertanya terkait pelaksanaan upacara dihari senin dan acara 17-an.
Setelah kesekolah dan makan siang sudah kelar, gue dan kamel membuat rancangan proker.
Sorenya, mereka pergi ke tempat sekdes. Gue tidak ikut, karna harus piket.
Ternyata hasil yang didapat dari sekdes adalah bahwa desa jatibaru ini juga punya homeindustri.
Mereka pun pergi ke tempat produk jamur merang. Gue bebenah dirumah.
Semakin petang, gue istirahat sembari mencari sinyal. Ditemani arief. Mengobrol tentang pasar. Iya. Tadi arif pergi kepasar untuk membeli peralatan rumah tangga. Azan magrib berkumandang. Gue sudah bisa solat. Karna kemarin haid. Gue dan arif bergegas ke musollah. Siapa tau bisa ketemu sama warga dan bisa ngobrol.
Dan benar. Gue dan arief ketemu pak haji hehe. Ngobrol sebentar dan diajak mampir. Tapi kami masih harus mendatangi rapat dengan pemuda sini.
dan kali ini gue gak mau berdiam diri dirumah. Gue ikut. Pintu gue kunci.
Kami semua ke sebuah warung. Berkumpul dengan para pemuda disana. Juga ada perwakilan 2cowo dari kelompok jatibaru 2.
Kami membicarakan kegiatan 17-an. Mulai dari tempat, teknis, hingga dana
Pusing! Setelah kelar. Kelompok jatibaru 3 mampir kerumah jatibaru 2, masih dengan pembicaraan yang sama.
Dan besok. Ada banyak yang harus kami lakukan. See u.

Day 4. 020815
Pagi ini masih sekedar survey dan observasi sekitar lingkungan. Sembari membaur dengan masyarakat sekitar. Kami terbagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok ke sekretaris desa (SekDes) dan satunya lagi ke observasi masyarakat setempat. Dan gue memilih observasi lingkungan masyarakat.
Setelah semua kelar dengan tugas masing-masing. Kami membagi kelompok lagi menjadi 2.

0 komentar:

Posting Komentar